Skip to main content

Entri yang Diunggulkan

YUDA PRA - PROFILE

www.yudapragitar.com       Yuda Pra lahir di sebuah daerah di Jawa Tengah pada 6 Juli 1976, mewarisi darah seni ibunya yang pernah tergabung dalam grup musik keroncong pada masanya. Belajar bermain gitar sejak kelas 2 SMP. Kecintaannya pada seni khususnya gitar sangat kuat, Pernah menimba ilmu Seni Musik di kota Yogyakarta, Yuda Pra akhirnya menyelesaikan pendidikan S1 nya di Fakultas Teknik Universitas Semarang, ketrampilanya dalam bermain gitar tidak lepas dari pendidikan musiknya di Yamaha Musik Indonesia (Gitar Klasik), karirnya didedikasikan untuk dunia pendidikan dan hiburan. Menjadi staf pengajar di lembaga pendidikan musik untuk instrumen gitar dan bas serta di kelas privat, serta menjadi team penguji atau Asesor di Lembaga Sertifikasi Profesi Musik Indonesia(LSP MI) TEACHING EXPERIENCE : Pengajar Seni Musik Untuk Gitar Klasik, Stamford International School Semarang  (2008) Pengajar Gitar Klasik di beberapa sekolah Musik di Semarang   (2009)  Pengajar Se

YUDA PRA - TEAM ASESOR LSP MI DI SERTIFIKASI KOMPETENSI MUSIK AMBON 2023 - DISPAR PROV MALUKU

  

   www.yudapragitar.com

SERTIFIKASI KOMPETENSI MUSIK AMBON 2023 – DISPAR PROV MALUKU

     Kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Musik Tahun 2023 merupakan kerja sama antara Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Musik Indonesia dengan Kemenparekraf serta Dispar Provinsi Maluku dengan  tujuan  diadakannya kegiatan ini dapat terbangun ekosistem ekonomi kreatif yang lebih kondusif bagi para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia, terutama di sektor musik. Selain itu, dengan adanya kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Musik diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bahwa sertifikat kompetensi sangatlah penting dalam meningkatkan daya saing, baik di tingkat lokal Ambon - Maluku, Nasional maupun internasional nantinya.

     Apalagi dengan adanya era persaingan masa kini yang disebut dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), persaingan antar pelaku ekonomi kreatif akan semakin ketat. Indonesia membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing. Dengan adanya sertifikasi, maka tenaga kerja ekonomi kreatif dari Indonesia bisa semakin diakui oleh berbagai pihak. Semakin diakui,nilai tawar para pelaku ekonomi kreatif di bidang musik semakin tinggi. Tingginya nilai para pelaku ekonomi kreatif sejalan dengan harapan Presiden Joko Widodo yang optimis ekonomi kreatif bisa menjadi tulang punggung Indonesia.

     Dalam kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Musik yang diadakan secara gratis ini,para peserta mengikuti serangkaian uji kompetensi yang kemudian dinilai oleh tim asesor dari LSP Musik Indonesia.Uji kompetensi dilaksanakan secara tertulis dan praktik.

    Untuk praktiknya, akan ada ujian kompetensi asesi Jukulele, Hawaian Guitar,Gitar Elektrik, Totobuang, Suling. Kegiatan Fasilitasi Sertifikasi Profesi Musik dilaksanakan sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

     Bertempat di Aula Dinas Pariwisata Provinsi Maluku dan  Marina Hotel Ambon sebagai tempat TUK ( Tempat Uji Kompetensi ) Kegiatan yang di laksanakan pada tanggal 28 dan 29 Juli 2023 tersebut di hadiri oleh Ibu kepala dinas pariwisata Maluku Dr Meikyal Pontoh M Kes, Ibu lina (kemenparekraf),Asesor LSP Musik Indonesia yang bertugas antara lain : Jhony maukar( Direktur LSP MI),Yuda Pra(Asesor Gitar & Jukulele), Sukma Pieter (Asesor Jukulele), Dedy (Asesor Totobuang, Suling), dan beberapa pelaku seni tradisional Maluku. Acara uji Kompetensi yang pandu untuk pengisian APL 01 dan 02 oleh Asesor Yuda Pra, uji kompetensi ini di ikuti sebanyak 50 pelaku musik tradisional Maluku.

Dokumentasi :



























Comments

Popular Posts