Langsung ke konten utama

Entri yang Diunggulkan

YUDA PRA - PROFILE

www.yudapragitar.com        Yuda Pra lahir di sebuah daerah di Jawa Tengah pada 6 Juli 1976, mewarisi darah seni ibunya yang pernah tergabung dalam grup musik keroncong pada masanya. Belajar bermain gitar sejak kelas 2 SMP. Kecintaannya pada seni khususnya instrument gitar sangat kuat, Pernah menimba ilmu Seni Musik di kota Yogyakarta, Yuda Pra akhirnya menyelesaikan pendidikan S1 nya di Fakultas Teknik di sebuah Universitas swasta di Semarang, ketrampilanya dalam bermain gitar tidak lepas dari pendidikan musiknya di Yamaha Musik Indonesia (Gitar Klasik),karirnya didedikasikan untuk dunia pendidikan dan entertainment. Menjadi staf pengajar di lembaga pendidikan musik dan privat class untuk instrument Gitar dan Bas. serta menjadi team penguji atau Asesor di  LSP MI( Lembaga Sertifikasi Profesi Musik Indonesia)di bawah naungan BNSP(Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Republik Indonesia. TEACHING EXPERIENCE : Pengajar Seni Musik Untuk Gitar Klasik, Stamford International S

YUDA PRA - JAWA POS MINGGU 10 MARET 2019 - GITAR KLASIK SEBUAH ORKESTRA MINI

www.yudapragitar.com

GITAR KLASIK SEBUAH ORKESTRA MINI

     Tidak banyak alat musik yang digunakan.Cukup satu gitar.Itulah mengapa dinilai simpel. meski hanya dengan satu alat musik, bisa menghasilkan melodi, rhythm dan bas secara bersamaan. Seperti itulah kiranya menggambarkan permainan gitar klasik. Dengan namanya permainan gitar klasik sering kali membawakan musik klasik, gitarnya pun menggunakan gitar jenis senar nylon, memetik senar gitar dapat di katakan jari menjadi senjata utama, karena tidak menggunakan pick gitar. kalo sekarang itu yang dikenal fingerstyle, jadi tidak ada hentinya dan tidak bisa langsung untuk jago main gitar, intinya harus konsisten belajar, menggunakan waktu secara efektif dan bersemangat, kata Milka Azalia ketua KGKS sekaligus alumnus FSP UKSW Salatiga. 

     Yuda Pra selaku founder KGKS menyebut gitar klasik sebagai mini orkestra. hanya dengan enam dawai, gitar klasik bisa menjadi alat musik yang memadukan pengiring dan melodi, layaknya orkestra namun dimainkan secara solo dan tanpa pengiring pun permainan gitar klasik bisa bermain dengan indah. awalnya saya dulu di gitar elektrik. tapi kalau enggak ada partner saya tidak bisa bermain. ungkap pria yang pernah mengenyam pendidikan seni di ISI Yogyakarta dan Yamaha Musik Indonesia saluku pendiri KGKS ini menceritakan awal mula tertarik dengan gitar klasik. memang bagi nya gitar klasik merupakan instrumen yang menarik pria yang kini mengabdikan di dunia pendidikan dengan mengajar musik untuk instrumen gitar di PCMS Thamrin Semarang. Seperti  ketika pada masa kejayaan gitar klasik di Semarang sekitar th 80-an.  Keinginannya ini pula yang mendorongnya untuk mendirikan KGKS.

     Yuda Pra ingin mengali ilmu dan sekaligus ilmu yang dimilikinya bisa di tularkan kepada lebih banyak orang, agar lebih bermanfaat lewat forum KGKS, ujar pria yang juga menjadi asesor LSP Musik Indonesia. Para anggota KGKS ini juga rutin menggelar acara gitaran show yang di gelar setiap sebulan sekali. Yuda Pra berkeinginan gitar klasik dapat turut meramaikan iklim kesenian di kota Semarang seiring dengan perkembangan pariwisatanya.( Nur Chamin - Jawa Pos 10 Maret 2019 ).





Komentar

Postingan Populer